Kamis, 31 Juli 2014

My White Horse alias si Puput ..ups..not again..but My Black & White Horse alias My Hibod (Rename)


Siaaang!

Mumpung masih ada waktu libur nih, kali ini saya akan menulis lagi di blog, kali ini tentang kuda besi saya yaitu "si puput" alias si putih. Sepertinya saya pernah menulis tentang tunggangan saya yang satu ini, tapi kapan ya? yasudahlah (lupa..haha), ayo kita mulai.

"Si puput" ini merupakan motor mio sporty generasi ke 2 (sebuatan saya aja, karena stikernya udah elemen air..hahaha avatar kali) dibeli dari salah satu dealer di lampung pada tahun 2008, tepatnya di dealer yamaha di daerah kemiling (hhe...bener gak yah?). Dengan kaki-kaki casting wheel (CW), mesin berkapasitas 113 cc, dilengkapi NOS (yg ini lebay), GPS (ini juga lebay), knalpot yoshimura (apalagi ini), motor ini menemani
keseharian saya saat masa kuliah di Universitas Lampung.

My Ride "Dulu..." BE 7876 VV
   
 

Di awal "karir"nya (halah), motor ini sudah saya geber sampai lebih dari 100 km/h (ini beneran), tepatnya 110 km/h (klo gak salah inget, yang jelas lebih dari 100) di jalan menuju kabupaten tanggamus. Di awal karinya juga dia sudah saya jatuhkan sehingga ada beberapa bagian yang lecet dan patah. Bahkan "stiker" atau "tempelan" body asli pabriknya sudah saya lepas semuanya, sehingga jadi putih polos dan kemudian saya ganti dengan "stiker" gak jelas semau saya, sebut saja stiker tanabe, tanabe racing development yang ada tulisan jepang gak tau apaan (tapi keren kalo ditempel), terus ada tulisan "what's up doc yang ada bugs bunny nya, terus ada orang pake blangkon dengan tulisan 100% indonesia (padahal motor jepang..hha), ada juga no fear, D2 privat, HKS drag race, Bridgestone, pernah juga michelin, absolute state of art, Maung bandung, Arsenal, gambar kura-kura, dll. Nih motor pernah saya kasih hiasan lampu-lampu led gitu brow..wakaka (orang-orang di sekitar saya waktu di lampung mesti inget).

Riwayat jatuh dari tunggangan saya ini pertamanya adalah beberapa minggu setelah pembelian, dimana motor ini jatuh di kosan Abbas Alkindi 3 (kosan saya dulu waktu kuliah). Ceritanya waktu itu saya baru pulang dari mana ya? (lupa..!..hhehe). Plat nomernya masih putih waktu itu, masih "BE sekian XY", dan belum saya pretelin juga tempelannya. Saat baru pulang itu saya akan buka gerbang kosan, saya parkirin tuh motor di depan gerbang dengan kondisi mesin masih hidup. Nah selesai saya buka gerbang, saya balik badan trus tuh motor udah gerak sendiri (karena matic trus mesinnya hidup), dengan cekatan saya lari, saya pegang motornya, eh... malah tuas gas (throttle) nya yang kepegang, hasilnya tuh motor "Ngacleng" alias meluncur bagaikan roket..hahaha. Tapi alhamdulillah, ajaibnya, cuma lecet-lecet dikit sama "step" injakan penumpang patah (makannya ada "stiker" absolute state of art buat nutupin lecet2 dikitnya :).

Kejadian yang kedua itu waktu saya mau ngambil laporan KP (kerja praktik) saya di percetakan. Jatuhnya di depan masjid Ar-Raudhoh di Kampung Baru deket kampus, jatuhnya karena tekanan angin ban-nya gak pas (menurut saya..haha). Kali ini pembalapnya ikut "jatoh" haha, dan yang lecet pembalapnya, motornya mah gak apa-apa (o_O)(bales dendam nih motor).

Kejadian yang ketiga itu malu-maluin. Kejadiannya waktu itu abis nanyain spion atau apa gitu (saya lupa), di pertokoan sparepart motor, belakang Chandra Super Market Lampung. Waktu itu setelah saya selesai nanya, kan keluar dari parkiran tokonya tuh, trus saya jalan (kebiasaan "geber" kayak pembalap), eh tuh motor malah muter-muter gitu (kayak "ngedrift), hasilnya saya jatoh deh (diliatin orang banyak tuh..oalah..malu). Penyebabnya menurut analisa saya (halah) adalah karena ada ceceran oli di tengah jalan, sehingga ban motor miaw saya ini jadi selip terus gak sengaja nampilin aksi "round drift" wakakaka.

Kejadian yang keempat itu gak bikin jatuh, cuma rumah oli motor saya jadi retak (pecah). Kejadiannya sepulang dari Puspiptek/BPPT di tangerang (abis ambil spesimen penelitian). Ceritanya tuh saya lagi kenceng-kencengnya "geber" tuh "si puput", eh pas di jalan menuju serang masuk "lobang" besar....."Brak"....melambat deh...abis itu bunyi-bunyi tuh mesin (seperti kekurangan oli sih) dan ternyata rumah olinya retak brow...hahaha. Konsul sama bengkel bentar, akhirnya saya "bekel" oli mesin trus jalan pelan-pelan "sampe" Lampung (Nekat man..). Nah di lampung, nih motor masuk bengkel tuh, bengkelnya kenalannya si Desta (halo Desta!!...haha). Bengkelnya keren juga, banyak perubahan ke arah yang lebih baik malahan sampe sekarang (Top speed naik & lebih irit dari sebelumnya).

Nah..mungkin itu kalau kejadian jatuhnya, untuk masalah nih motor udah touring kemana aja, jangan ditanya brow..haha. Nih motor sumatera jawa udah dijelajahi..man(gaya lebay euy). Maksudnya area lampung mulai dari danau ranau di lampung barat, liwa (waktu tempat alfis) , kotabumi (lampung utara), bandar jaya (lampung tengah), jepara (tempat Rino), Pekalongan (lampung timur), Kota metro, Wonosobo (kab.tanggamus), Kota agung (kab.tanggamus), Pringsewu, jalur dari lampung sampe bakauheni. Kemudian pulau jawa, mulai dari merak, suralaya, cilegon, serang, tangerang, Jakarta, Bogor, Puncak, Cianjur, Padalarang, Cimahi, Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar. Dari dulu waktu mudik pake ini motor terus dari kuliah sampe sekarang (kecuali waktu saya kerja di Medan). Terus kadang juga sering pulang di luar waktu mudik, yang peneltian, yang kerja praktik (bareng Mail, Agus, Gians, Nur Ismanto), yang waktu tes di LG (bareng Nur Ismanto..halo Nur!haha).

Sekarang nih motor sepertinya udah gak cocok namanya "Si puput" lagi, soalnya udah gak putih semua , karena body belakangnya udah diganti item sama my mom (sempet bikin shock), tapi ya..dipikir-pikir emang udah kucel, soalnya ditinggal kerja ke medan 2 tahun, jadi ya tinggal diganti aja namanya dari "si puput" jadi "Si Hibod" alias Hideung-Bodas (hitam putih dalam bahasa sunda)..wakakaka. Oh iya, nih ada yang lupa kayaknya, nih motor dulu pernah operasi "ambeiyen" di bagian knalpotnya, hhe. Soalnya kok ada yang bunyi klontang-klontang gitu, rupanya ada yang udah patah di isi bagian dalamnya, jadi duh knalpot dibolongin trus ambil bagian yang patah, trus di tambal lagi bagian yang dibolonginnya. (Mungkin ini yang bikin lebih irit..wkwkwk).

My Ride "Sekarang" Z 5175 LF
Yah itulah "Si puput" my ride, my Hibod sekarang namanya, yang udah nganter saya kemana aja. Waktu kuliah, waktu kerja part time di sekarnet, waktu kerja praktik, waktu magang di PLTU Tarahan, waktu skripsi, waktu cari kerja, dan sampai sekarang. Nih motor gak akan saya jual brow...hehehe, walaupun nanti bakalan ada si roda empat, nih motor bakalan saya pake terus.

(dedicated for my ride..)



2 komentar: