Senin, 16 November 2009

Pengalaman kerja Praktik di bagian Bonding & Composite Direktorat Aerostructure PT.Digantara Indonesia

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Selamat Pagi semuanya.
Senangnya di pagi ini bisa menulis pengalaman Kerja Praktik di blog, ya sekedar berbagi sedikit pengalaman. Sebelumnya Saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak di bagian pembuatan komposit PT. Dirgantara Indonesia, yaitu pak handoko (Ir.Handoko Subawi-supervisor),pak gunawan, pak Priyo & pak Suherman (Quality Assurance-QA), pak Andi, Buk yuni, pak slamet, pak yanto, & pak yayat (bagian Lay up komposit), Pak hari (bagian autoclave), pak sugeng (bagian BOCOM Support) terima kasih atas semua bantuan dan support nya. Dan tak lupa pula Pak sutarno (Ir.Sutarno, M.T-pembimbing atasan kerja praktik). Serta pihak-pihak lainnya yang telah banyak membantu.


PT. Dirgantara Indonesia, sebuah pabrikan manufaktur pesawat terbang dalam negeri yang sangat kurang diperhatikan oleh Pemerintah. Mencoba bertahan semaksimal mungkin agar negeri ini masih tetap menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu membuat pesawat terbang yang lebih berkualitas. Bagaimana tidak, Turki, Korea, malaysia, dan banyak lagi negara lainnya, memesan pesawat buatan Industri pesawat terbang kita, bahkan bagian vital dari sayap (wing) pesawat terbesar A380 airbus pun di percayakan kepada PT.Dirgantara Indonesia. Sungguh aneh sekali jika pemerintah indonesia sendiri (terutama yang di parlemen) masih memandang sebelah mata dan masih silau dengan buatan luar negeri(tanya kenapa?).

Bonding & composite shop, pada bagian inilah saya kerja praktik. Dengan rentang waktu dari 5 oktober - 5 november 2009. Hanya satu bulan, sangat kurang sekali waktunya untuk mempelajari komposit secara lebih jauh. Hari pertama disana saya disambut dengan hangat oleh pak handoko, dan saya pun bercerita tentang kampus Univ.lampung. Beliau kaget setelah mendengar tentang biaya kuliah, kata beliau "itu termasuk murah, bersyukur dan belajar giatlah anda kuliah disana".Ada lagi pesan beliau yang sepertinya selalu disampaikan kepada orang-orang sekitarnya yaitu "ilmu itu bukan kebanggaan, tetapi tugas hidup" kata beliau. Dan kemudian saya pun diajak untuk melihat-lihat bagian bonding & komposit.

Kemudian di hari-hari selanjutnya mulailah saya mengamati tentang pembuatan komposit. Dengan menempuh perjalanan dari rumah di Cileunyi menuju PT.Dirgantara indonesia kurang lebih 45 menit jika tidak macet parah di kota Bandung, saya pun datang tiap hari dengan waktu yang bervariasi yang kebanyakan pulangnya sore hari setelah sholat ashar. Hari kerjanya dari senin sampai jum'at, sehingga hari sabtu dan minggu pun dapat dimanfaatkan untuk refreshing dan mengerjakan laporan secara bertahap.

CN-235 adalah sebuah pesawat angkut turboprop kelas menengah bermesin dua. Pesawat ini dirancang bersama antara PT.Dirgantara Indonesia dan CASA Spanyol(sekarang EADS-CASA). Pesawat ini saat ini menjadi pesawat paling sukses pemasarannya dikelasnya. Pesawat terbang CN 235 ini hampir sebagian besar menggunakan bahan komposit, mulai dari bagian nose, fuselage, wing, eppennage, dan landing gear, memiliki part yang terbuat dari bahan komposit.

Pembuatan part komposit yang saya amati adalah pembuatan part Upper skin dan End Rib pesawat CN 235-110 maritime surveilance aircraft. yang keduanya meliki perbedaan tipe komposit, masing-masing yaitu tipe sandwich dan tipe laminat. Proses pembuatannya setiap hari saya amati sehingga akan tampak perbedaan dalam pembuatan masing-masing nya. Mulai dari bentuknya, bahan penyusunnya, disainnya, perlakuannya saat di autoclave, dan lain-lain.

Proses pembuatannya dilakukan dengan metode dry laminasi yang kemudian mengalami proses curing di mesin autoclave. Bahan-bahannya berupa prepreg (pre impregnated) yang artinya antara Serat(fiber) dan resin(matriks) telah disatukan sebelumnya pada pabrikan pembuatnya. Dalam prosesnya, ruangan lay up diatur sedemikian rupa, baik itu temperatur, humidity, dan partikel debu yang masuk. Setiap tahapan dikontrol untuk menghasilkan kualitas produk yang baik. sehingga jika ada ketidaksesuaian atau kerusakan sekecil apapun maka part tersebut akan di reject dan kemudian dibuang. jadi dalam prosesnya harus dilaksanakan dengan seteliti mungkin agar "reject" tidak terjadi.

Untuk proses lamiasi layer kompositnya, tiap layer memiliki directional yang berbeda ada arah 45 derajat (plus maupun minus), ada 0 derajat ada 90 derajat. Susunannnya mengikuti prinsip balance dan equivalen artinya sama arahnya antara lapisan layer di atas garis normal dan di bawah garis normal.

Proses Curing meggunakan mesin autoclave dengan pressure yang berbeda antara laminat komposite dan sandwich dengan bahan kevlar. tahapan-tahapan proses curing juga sangat diatur agar meghasilkan produk yang baik kualitasnya.

Setelah mengalami proses curing, spesimen yang dibuat bersama part komposit pun di uji di laboratorium komposit untuk mewakili kualitas bahan. Nilai hasil pegujiannya pun dibandingkan dengan standar yang ada, jika sesuai maka part dapat diterima kualitas bahannya dan jika tidak sesuai maka part pun di reject.

Dengan mengamati proses tersebutlah saya lalui hari-hari kerja praktik di PT dirgantara indonesia, yang kemudian divariasikan dengan bertanya dan mencari literatur di perpustakaan di bagian diklat. Yang tentu nantinya akan saya jelaskan lebih jauh pada seminar KP kepada teman-teman sejawat yang ada di teknik mesin universitas Lampung.

Akhirnya, cukup sekian tulisan untuk kesempatan kali ini. Tidak banyak memang, tapi mudah-mudahan bermanfaat bagi yang akan kerja praktik di PT Dirgantara Indonesia, terutama di bagian Bonding dan komposit.
PT.Dirgantara Indonesia akan selalu menyambut bagi teman-teman yang mau menimba ilmu disana, dan perlu diketahui INDUSTRI PESAWAT TERBANG KITA TIDAK MATI, jadi buang jauh-jauh anggapan itu. Karena dalam kenyataannya dia masih tetap eksis di MATA DUNIA, membutuhkan generasi-genarasi muda indonesia untuk mendukung dan mengembangkannya disaat pemerintah masih memandang sebelah mata dengan tidak menggunakan hasil karyanya.

Semoga PT.Dirgantara Indonesia tetap bertahan dan semakin maju dengan karya-karyanya yang luar biasa.

51 komentar:

  1. Wah sip juga nih..pengen KP di Dirgantara

    BalasHapus
  2. saya lagi praktik kerja di bagian bocom jg di PT.DI, mw cari materi nya bwt bahan laporan, bsa di bantu

    BalasHapus
  3. ok, akan saya bantu semampu saya, butuh informasi apa?...sertakan email ya.

    BalasHapus
  4. mas panji,,, saya mahasiswa teknik mesin juga di politeknik negeri bandung...saya lagi praktek di bagian bocom juga...
    boleh minta bantuan data ga buat pembuatan laporan???
    ini email saya
    izenk_blacklist@yahoo.com

    thanks ya...
    SOLIDARITY FOREVER

    BalasHapus
  5. mas panji saya mahasiswa ekonomi di undip..
    mau minta data tentang apa saja yang berkaitan dengan PT DI seperti simulator cn235,foto2 pabrik di PT DI,bagian2 yang ada dibawah Direktorat Aerostructure PT.Digantara Indonesia selain Bonding & Composite,pokoknya datanya bebas yang penting ada hubunganya dengan PT DI.
    makasih mas.ini email saya:
    yudiundip@gmail.com

    BalasHapus
  6. untuk sementara saya kirim sejarah perusahaan nya dulu ya. untuk foto, saya jarang mendapatkannya waktu KP karena saya di bagian BOnding& komposit, yang banyak dapat foto teman saya yang di bagian machining.nanti saya coba tanyakan apakah dia masih menyimpannya. setelah baca ini cek saja email anda ya

    BalasHapus
  7. mas panji,,, kira2 syarat2 utk kp d sana apa aj yaa????

    saya dr teknik mesin ui...
    salam kenal....

    BalasHapus
  8. untuk KP di PT DI waktu itu saya pada awalnya menghubungi pihak humasnya dan di balas seperti ini :

    Yth Sdr Panji

    PTDI dapat menerima praktik kerja dari berbagai disiplin ilmu, dan untuk itu silahkan
    mengajukan surat permohonan dari Fakultas, yang ditujukan kepada:

    Kepala Divisi SDM
    PT Dirgantara Indonesia (Persero)
    JL Pajajaran 154
    Bandung 40174

    Surat tersebut bisa dikirim melalui fax. 022 – 6054225, selanjutnya untuk konfirmasi
    silahkan telpon ke 022 – 6054224 (Ibu ila).

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada Saudara.

    Salam,
    Humas PTDI

    mudah2an informasi ini dapat membantu ^_^

    BalasHapus
  9. salam kenal mas, ni q la KP di pt DI bagian TTU ^^

    BalasHapus
  10. Mas panji, saya rizki munandar.

    saya baru berencana KP di PT DI liburan semester ini. jujur, saya masih bingung dengan judul KP saya. Boleh minta saran untuk topik KP yang paling menjadi sorotan di sana?

    BalasHapus
  11. Buat rizki munandar :
    Untuk topik KP disana tergantung penempatan KP kita. Mungkin mas riski bingung karena belum tau dimana akan ditempatkan?jika ya, tidak usah khawatir, di perpustakaan bagian diklat PT DI sudah banyak referensi (banyak sekali) yg dapat dijadikan pedoman untuk menentukan judul dan menulis laporan. Bisa juga bertanya sama mentor/pembimbing kita di lapangan (tp bagusnya kita tentukan sendiri saja). Usahakan minggu pertama sudah ada judul. Semangat ya!

    BalasHapus
  12. mas panji, saya rifqi,
    saya mau bertanya, apakah susah untuk di terima kp di sana? dan apakah waktu kp itu, kita yg menentukan apakah pihak PT DI nya??
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas rifqi, untuk KP disana waktu saya apply tidaklah sulit, bahkan sangat cepat prosesnya. untuk posisi KP biasanya tergantung posisi yang kosong di PT DI nya, tp coba aja sampaikan minat kamu dahulu, mungkin saja bisa. semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. trimakasih mas atas infonya,
      satu lagi yg ingin saya tanyakan mas, waktu pelaksanan KP nya kita yg nentuin apakah PT di nya, misalnya saya ingin kp bulan 2 sapai bulan 4. trimaksih ya mas

      Hapus
    3. biasanya PT DI gak masalah dengan waktunya, tapi gk tau juga sekarang. klo waktu saya KP PT DI welcome banget klo misalnya ada yang mau KP.

      untuk info lebih lanjut coba kamu hub ibu ila bagian diklatnya 022 – 6054224

      Hapus
    4. trimakasih banyak mas panji, informasi yg anda berikan sangat bermanfaat, sekali lg terimakasih ya mas

      Hapus
  13. maaf mas,, nomer ibu ila itu kok tidak bisa dihubungi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dicoba berulang-ulang? kalau misalnya tidak aktif lagi saya kurang tau pnyebabnya apa.

      Hapus
    2. rohmat, barusan saya cek website nya, coba saja hubungi bagian humasnya :

      Public Relations
      Phone : 62.22.605.4167, 62.22.605.4162. Fax : 62.22.605.4185
      E-mail : pub-rel@indonesian-aerospace.com

      Hapus
  14. Mas Panji, kenalkan, saya rizky pongdatu, mahasiswa teknik fisika ITS semester 5.
    saya mau KP di PT DI semester 6 tahun depan.

    Klo di kampus saya, mahasiswa harus punya judul KP sebelum mengirim permohonan KP di suatu perusahaan.

    jadi mas, bolehkah saya minta CP HP/email bagian diklat? saya mau berkonsultasi mengenai masalah judul

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal rizky, waktu dulu saya pernah dapat kontak yang ini

      "Yth Sdr Panji

      PTDI dapat menerima praktik kerja dari berbagai disiplin ilmu, dan untuk itu silahkan
      mengajukan surat permohonan dari Fakultas, yang ditujukan kepada:

      Kepala Divisi SDM
      PT Dirgantara Indonesia (Persero)
      JL Pajajaran 154
      Bandung 40174

      Surat tersebut bisa dikirim melalui fax. 022 – 6054225, selanjutnya untuk konfirmasi
      silahkan telpon ke 022 – 6054224 (Ibu ila).

      Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada Saudara.

      Salam,
      Humas PTDI"

      atau mungkin bisa tanyakan kembali ke bagian humasnya bagaimana menghubungi bagian diklat ke kontak ini :

      Public Relations
      Phone : 62.22.605.4167, 62.22.605.4162. Fax : 62.22.605.4185
      E-mail : pub-rel@indonesian-aerospace.com

      ini saya dapat dari web PT DI nya

      Hapus
  15. Mas Panji.. saya Ika Mahasiswi Fisika Universitas Negeri Malang.. Rencananya saya mau KP di PT DI semester depan.. Kalau saya butuh info mengenai PT DI, bolehkah saya meminta bantuan info dari mas Panji? saya ingin minta CP mas Panji.. tolong email saya di Disguise.anggel@gmail.com ya mas... Terima kasih.. semoga karir mas lebih sukses..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ika, baru saya respon.
      sudah saya kirimkan tadi jika masih diperlukan.

      Hapus
  16. halo mas panji, saya randi mahasiswa teknik elektro bidang studi teknik sistem pengaturan. tadi saya habis baca blog anda mengenai kerja praktek di PT.DI, jadi begini mas, dikampus saya harus bikin proposal KP-nya terlebih dahulu baru bisa mengajukan KP, nah didalam proposal itu harus sudah disertakan tema KP kita nanti, sementara saya masi bingung tema apa yang mau saya buat. apakah kita harus ke PT.DI terlebih dahulu untuk bertanya tema apa yang pas?
    apakah nanti tema yang kita tulis bisa berbeda dengan tema yang dikasi dari PT.DI itu sendiri mas? jadi misal tema saya di proposa "A", tapi nanti PT.DI memberikan tema "B"
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo randi,

      maaf baru direspon,
      iya, benar. tema yang kita tulis nantinya bisa berbeda dengan yang kita ajukan.
      tapi tidak ada salahnya untuk mengajukan proposal terlebih dahulu.

      Hapus
  17. asalamualaikum mass panji...
    perkenalkan nama saya fathur mahasiswa Ilmu Komputasi - IT Telkom Bandung
    boleh saya minta contoh proposal tentang KP di PT. DI,
    atau apa saja yang bisa di kerjakan di PT DI nanti . :D
    saya mulai KP tanggal 24 Juni 2013
    email saya : ujangfathur@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya
    Mohon bimbingan nya... :D

    BalasHapus
  18. mas panji boleh minta softcopy nya laporan kp nya ?

    BalasHapus
  19. Mas saya luky, saya mau minta materi tentang bonding dan komposit dong saya lg PI di PT DI bagian bonding n komposit mas. Nie email saya muhamadlukyr@yahoo.com

    BalasHapus
  20. Terima kasih mas panji, anda telah dapat berbagi untuk mhs, ternyata bisa menginspirasi. Hampir 9 tahun saya handle kerja praktek, penelitian tugas akhir mhs s1, s2 dan beberapa s3 untuk aerostruktur, tentunya bersama diklat, ibu illa. Saya pernah membidani lahirnya iecom it itb, yang sekarang sudah go internasional, termasuk jurinya. Saya akan kirimkan materi awal , mungkin dapat menambah wawasan temen mhs yang berminat kp, tugas akhir di ptdi, khususnya aerostruktur.sekarang katanya namanya ganti setelah reorganisai. Saya sendiri sdh pensiun dari ptdi.
    salam,

    sutarno

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..ini Pak Sutarno? Salam hormat dari saya pak ^_^. Terima kasih banyak atas bimbingannya dulu, sangat bermanfaat untuk perkembangan saya. Sekali lagi terima kasih banyak pak.

      Hapus
  21. mas panji saya mau tanya apakah KP di PT.DI dapat fasilitas mess? karena saya berencana KP disana dan notabene nya orang luar kota dan tidak mempunyai sanak saudara disana.
    Kalau tidak apakah di sekitar PT. DI ada kos"an untuk bisa ditinggali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu waktu saya KP tidak dapat fasilitas mess. Kebetulan keluarga saya masih ngontrak di bandung sebelum rumah selesai di tasik.

      disekitaran PT DI ada kos2an mbak, soalnya temen2 saya yang KP disana kos juga. di dekat PT DI malahan.

      mungkin bisa minta bantuan info kosan ke bagian SDM nya.

      Mudah2an info ini bermanfaat, lancar KP nya

      Hapus
  22. Selamat siang mas,apakah di PT DI boleh KP sekita 3-4 bulan dan apakah boleh KP disana 4-5 orang dari 1 univ...maksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok mas, malahan memang dianjurkan lebih dari sebulan, dan kemarin saya KP ber 4 satu jurusan, jadi tidak masalah kalau mau 4-5 orang 1 univ. Tapi sebaiknya hubungi saja bagian diklatnya, agar lebih jelas informasinya.

      Hapus
  23. Mas panji boleh saya minta softcopy laporan kp mas sebagai referensi dan gambaran, rencana saya ingin kp di pt DI di bulan agustus nanti, ini email saya bocahajaeb@gmail.com makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas aditya baca saja tentang ilmu struktur, material (kekuatan material, komposit, dll), pemesinan (manufaktur), kebanyakan di PT DI itu (yang saya tau). Nah, nanti kalau sudah masuk, sering-sering saja ke perpustakaan, disana banyak referensi. Kalau laporan KP saya dulu tentang komposit, tapi tulisan saya gak recommended, hhe). Intinya, saya harus "ngubeg2" isi hardisk saya buat nyari file nya. Maaf ya :), sukses nanti KP nya.

      Hapus
  24. Selamat malam maspanji maaf mengganggu. Saya dari mahasiswa sekolah penerbangan di jogja. Saya mau tanya kalau pendaftaran KP sudah di tutup untuk periode bln agustus. Dan jika saya menghubungi buk ila bagian diklat nya apa bakal di terima untuk KP-nya?
    Saya juga mau minta nomer buk ila yg aktif ya mas

    BalasHapus
  25. Boleh minta nmor HP nya mas panji? kalo boleh bisa Hubungi saya di 08984966289, mau sharing mas. Terima kasih

    BalasHapus
  26. Mas saya shiva, dari teknik metalurgi & material ui. Bolehkah saya meminta laporan kpnya dan materi2 yang dulu mas gunakan. Jika berkenan, ini email saya shivafv07@gmail.com terimakasih mas :)

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum mas . Alhamdulillah saya diterima KP di PT.DI.
    Saya ingin bertanya, saya diterima di Bagian BOCOM QA - 7200. Apakah bagian ini sama seperti bagian yang mas tempati?

    BalasHapus
  28. Mas Panji..saya Gilang dari teknik mesin Bogor..saya ingin melihat contoh proposal kp mas..jika berkenan.,karna rencana thn ini jika masih bisa..saya ingin kp di PT.DI..atau boleh..mengirimkan informasi yg mas tau..tolong di kirim ke email saya yah mas.. gilanglee92@gmail.com
    Kurang lebihnya mohon maaf..jazakumullah khoiran katsir..
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  29. Mas, saya mau bertanya. Apa saja disiplin ilmu yg tersedia untuk magang/kp? Kebetulan saya dari teknik material dan metalurgi. Terima kasih mas

    BalasHapus
  30. mas panji moho bantuannya saya ahmad mugni lagi KP di PTDI dan kebetulan saya juga di bonding & composite
    sekarang lagi buat laporan

    ini email saya mas ahmadmugni15@gmail.com

    BalasHapus