Kamis, 27 Oktober 2011

Share : Gambaran Tes psikotes, Tes akademik, interview, dan lain-lain

Assalamu'alaikum,

Selamat Pagi semua, tersenyumlah..awali hari ini dengan optimis dan semangat! ^_^, kata-kata pembuka di tulisan ini juga saya tujukan untuk pribadi saya sendiri. Karena terkadang kondisi semangat dan optimisme kita tidak selamanya "on the track" klo bahasa kerennya ^_^.

Ok, BOT saja ya, untuk tulisan berikut ini saya akan berbagi pengalaman-pengalaman saya dalam tes dan interview pada beberapa perusahaan-perusahaan yang ada di indonesia (masih dikit sih, hhe, tp mudah2an bisa jadi referensi bagi pembaca sekalian)

Sekarang kita menuju ke perusahaan pertama yang saya "sambangi"(wah bener gak nih perumpamaannya)
dalam petualangan di hutan belantara (senyum)

LG Electronics Indonesia F2 (legok, tangerang)

Pembaca semua pasti banyak yang mengetahui brand ini, sebut saja, TV, AC, Kulkas, Telepon selular, dan lain-lain merupakan produk keluaran brand ini. untuk pabrik yang berada di legok tangerang ini khusus memproduksi kulkas.
Untuk di perusahaan ini saya melamar pada posisi R&D/litbang supervisor, mengapa supervisor, karena setiap level fresh graduate disini adalah level supervisor.

untuk tes awal adalah psikotes dan teman-temannya, tes nya diantaranya tes labirinth (ya seperti labirinth, kita harus cari jalan di labirinth tersebut, seperti dulu yang ada di majalah bobo, dll, hhe), kemudian ada tes kepribadian, seperti pilihan sifat yang menurut anda lebih "gue banget" klo kata bahasa gaulnya, hhe. Terus ada tes psikotes, seperti pengetahuan umum ex: jarak jakarta surabaya, dll, kemudian tes psikotes gambar, tes "koran"(tes hitung itu lho, klo waktu itu dapet yang nambah dari bawah ke atas), tes instruksi (pemandu tes akan memberikan instruksi kepada kita, jadi dengarkan baik2). Kemudian selain psikotest ada juga kemampuan technical, seperti ilmu gambar teknik (bukan hanya ngegambar, tapi teori juga harus tau, yang dasar aja seperti proyeksi dan simbol2), kemudian karena di legok khusus untuk lemari es, maka harus kuasai juga tentang ilmu pendingin, grafik dan teori-teorinya.

setelah melakukan tes psikotest jika dinyatakan lulus, maka lanjut ke interview HRD, di LGEin kita harus menguasai bahasa inggris, ya paling tidak belajarlah untuk memperkenalkan diri, menceritakan hal-hal tentang anda(terutama yg ada di CV) dalam bahasa inggris (grammar tidak terlalu penting, yang penting, mau berbahasa inggris :), termasuk juga skripsi anda.

jika lulus interview ini, maka dilanjut ke interview user, disini juga hampir sama, ceritakan tentang anda dengan menggunakan bahasa inggris, termasuk skripsi (grammar jangan dipikirkan dahulu, yang penting anda mau berbahasa inggris, ok, senyum :), dan belajarlah paling tidak dasar2 mesin pendingin.

nah jika telah selesai interview user, maka akan dilakukan medical check up dan interview dengan GM, klo ini belum tau, belum dipanggil sih, hhe. ya...jika kondisi sehat gak perlu khawatir, hhe.tapi biasanya tiap perusahaan punya kriteria sendiri. :)

Untuk masalah salary dan fasilitas, saya pikir untuk fresh graduate perusahaan ini sangat baik dan ini disebutkan di awal2 tes, jadi gak perlu bertanya-tanya, salary > 3jt (pokok).

Mungkin ini untuk di LGEIn...

- Astra Honda Motor (AHM) Sunter I
  Klo di perusahaan ini saya cuma sempat nyicip di awal saja, yaitu test psikotesnya. disini test psikotesnya merupakan keluaran dari AHM sendiri, dan sepertinya perusahaan ini punya banyak kriteria psikotes (10 klo tidak salah). waktu test kemarin, yang dikeluarkan jenis no 5 dan 8(entah untuk posisi apa, tapi di awal disebutin untuk marketing gitu, saya pikir QT, jadi sebaiknya, saat diundang untuk test tanyakan dulu posisinya apa,karena biasanya suka gak sesuai dengan apa yang kita lamar,hhe).

untuk testnya kebanyakan gambar, trus instruksi dalam bentuk gambar (jadi di halaman awal ada keterangan simbol yang menandakan kita harus ngapain untuk gambar di sebelah simbol itu, apakah harus diputer ke kiri, ke kanan,atau dihilangkan, bahkan ada juga simbol yang menandakan untuk menunda perintah selanjutnya atau sebelumnya, ex ; dalam kotak ada gambar segitiga, kemudian ada tanda panah ke kanan menempel di kotak gambar tersebut, berarti gambar segitiga dalam kotak itu harus diputar ke kanan) seperti itulah kira-kira. klo tidak salah ada juga soal-soal seperti standar psikotes biasanya, tapi rata-rata kebanyakan gambar.

klo AHM segini aja yang saya tau.hhe
 
- Yamaha motor Parts Manufacturing Indonesia (YPMI)

YPMI ini merupakan pabrik part motor yamaha.klo disini, tesnya ada matematika dasar (belajar tuh matematikanya, hhe), ada tes pengetahuan umum, tes instruksi ada juga disini seperti di LG, tapi klo disini soalnya tertuang dalam bentuk cerita (jadi perhatikan instruksinya).Test psikotesnya ada yang diminta menggambar, ex ; di suatu kotak ada gambar titik, nah dari titik itu terserah kira harus menggambar apa. klo tidak salah namanya WZT test deh, he, ada terdiri dari 8 kotak, nanti setelah menggambar kita diminta untuk memilih mana yang kita lebih sukai dan tidak sukai, paling bagus, paling jelek, dan lain-lain (lupa).

Nanti bagi yang teknik industri dan teknik mesin ada tes kemampuan teknik, soal-soalnya meliputi matematika, kemudian ada tes gambar teknik (kuasai dasar gambar teknik dan simbol2nya). Kemudian pengetahuan tentang mesin-mesin produksi, seperti pengetahuan dasar, kecepatan potong, kecepatan makan, dan lain-lain.

klo lulus tes awal di atas maka akan lanjut interview user dan langsung negosiasi gaji gitu. interview usernya standar kok, ditanya tentang skripsi, kehidupan pribadi gitu, kadang YPMI ini minta menggunakan bahasa inggris, tapi kemarin saya tidak diminta untuk berbahasa inggris.Di YPMI ini saya melamar sebagai PE, tapi ternyata setelah wawancara user diinfokan bahwa wawancara ini untuk QT (Quality Engineer) dimana T.Industri lebih diutamakan, lagi-lagi beda dengan yang saya apply. Jadi setiap ada wawancara jangan lupa utk menanyakan posisi yang ditawarkan, hhe (sama saja seperti di AHM)

klo yamaha, ini yang saya tau...

- PT. Nippress, tbk (cileungsi, bogor)

Perusahaan ini memproduksi aki mobil dan motor, mobil yang memakai seperti mercedes, toyota avanza, daihatsu juga ada yang menggunakan aki ini (cek aja klo beli mobil baru tipe ini).kemudian golf kart (buat di lapangan golf).

Tes nya terdiri dari tes psikotest standar, ada hitungan deret, gambar, dan lain-lain, gak ada yang aneh, test psikotesnya umum dipakai pada test standar. tes pa-pi juga ada. Dan juga lagi, ada tes "koran" juga hampir sama dengan tes "koran" yang di LG. Setelah ini dilanjutkan dengan interview HRD yg hampir sama kondisinya pada perusahaan lain, tapi tidak menggunakan bahasa inggris.
untuk posisi di perusahaan ini sesuai dengan yang di apply di awal yaitu MT, management trainee.Tidak ada perubahan pada proses berikutnya.

jika lulus tes awal dan interview, maka dilanjutkan dengan interview user, interview pada perusahaan ini berkisar tentang kehidupan pribadi, skripsi, dan pengetahuan mengenai manufaktur dan manajemen industri, jadi siapin aja, khususnya tentang manufaktur batre aki.

jika interview user lolos, dilanjut ke wawancara dengan direksi, disini direksinya di awal2 meminta untuk memperkenalkan diri, dan menceritakan skripsi kita, persiapkan saja mata kuliah yang benar2 kita kuasai, kemudian pertanyaan2 logika yang berhubungan dengan perusahaan, seperti, jumlah mobil di tempat kita tinggal, hhe.

klo lulus, maka dilanjutkan ke medical check up, dan selesai deh..hhe

Mungkin segini dulu perusahaannya, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk perusahaan lainnya^_^, klo ada yang mau share di perusahaan lain, misal di perusahaan BUMN, Petro, dll, boleh di share melalui kolom komen dibawah, hhe, OK.

Tetap optimis dan semangat ya ^_^

Wassalamu'alaikum

ADARO

Ada tambahan lagi ini :) yaitu Tes di adaro indonesia

Adaro merupakan perusahaan tambang terbesar di indonesia, adapun beberapa anak perusahaan dari adaro adalah IBT, Jasa Power Indonesia, adaro indonesia, dll.

Tes di adaro ini tahapannya dimulai dari seleksi administrasi, tes psikotes, tes FGD (focus Group Discussion), Kemudian interview, Medical check up, dan pendidikan :)
Ada juga yang pengalaman mendapatkan interview terlebih dahulu :). (interviewnya dalam bahasa inggris ya)

Tes psikotesnya sendiri diselenggarakan atas bantuan ASI, suatu lembaga psikotest di indonesia. Terdiri atas tes analisis verbal dan tes analisis numerik, dan tes kepribadian. untuk tes analisis verbal kita harus menganalisis pernyataan berdasarkan  teks bacaan, ada 3 pilihan disini, apakah pernyataan itu benar, tidak bisa ditentukan karena tidak cukup data, atau pernyataan salah. :)
Untuk tes numerik, kebanyakan dari tes ini berisikan data statistik, jawabannya ada 6 pilihan, tergantung kemampuan analisis numerik anda :).
Untuk tes kepribadian, tes ini meliputi pilihan yang merupakan kesesuaian dengan kepribadian kita, tipsnya ; jawablah dengan jujur, sesuaikan dengan kepribadian anda, tidak usah berfikir terlalu lama :). hindari jawaban "?" dan ragu-ragu atau jarang atau jawaban B..hhe

ok sekian dulu...semoga sukses

1 komentar: