Minggu, 14 Maret 2010

KOMODO off road utility car

Sabtu, 13 Maret 2010

Masih banyak di antara kita yang belum mengetahui perkembangan produk-produk otomotif dalam negeri. Kebanyakan dari kita masih silau dengan buatan luar negeri dengan mengesampingkan bahkan sampai menyepelekan produk dalam negeri. Padahal banyak produk-produk asli dalam negeri yang kualitasnya tak kalah. Produk-produk otomotif merupakan salah satu jenis produk yang sering diremehkan.

Salah satu dari produk otomotif nasional yang telah lama di launching adalah KOMODO "off road utility car". Produk ini di produksi oleh PT. FIN TETRA INDONESIA yang merupakan perusahaan swasta Nasional yang bergerak di bidang Rekayasa & Teknologi (Engineering & Technology), telah berpengalaman dalam bidang design dan analisa pesawat terbang, otomotif, simulator, dan integrasi sistim otomasi.


KOMODO, itulah namanya, saat saya mengetahuinya lewat facebook saya langsung tertarik. Nama itu sesuai dengan nama binatang khas indonesia yaitu komodo. apalagi saat melihat gambarnya. Bentuk mobil ini unik, di disain untuk medan off road, akan tetapi tidak menutup kemugkinan untuk digunakan di jalan raya. Tersedia dalam transmisi manual dan otomatis. Transmisi manual dengan mesin 2 tak 180 CC dan transmisi otomatis dengan mesin 4 tak 250 CC.


Berdasarkan info dari Website PT FIN Tetra Indonesia, untuk rangka KOMODO ini dirancang menggunakan turbular dengan system monocoque dengan menggunakan metoda perancangan pesawat terbang sehingga mendapatkan rangka / bodi yang ringan tetapi kokoh untuk digunakan di medan off-road, serta dapat melindungi penumpang dari kondisi yang ekstrem secara aman.

Dari bodinya, KOMODO ini dirancang seringan mungkin dan kuat terbuat dari bahan komposit guna menahan lumpur dan kerikil yang dapat membahayakan pengemudi / penumpang serta untuk kenyamanan berkendaraan. Dilengkapi lampu depan, lampu rem dan lampu sign sehingga dapat dioperasikan pada malam hari.

Untuk Suspensi, dirancang dengan menggunakan sistim double wishbone yang full independen baik untuk suspensi depan maupun belakang guna mendapatkan kenyamanan yang optimal pada jalanan aspal, batu, tanah, lumpur baik kondisi kering maupun basah, serta aman bila digunakan untuk jalanan menikung atau yang sifatnya memiliki kemiringan.

Kendaraan ini menggunakan sistim Rack N Pinion, sehingga pengendalianya sama dengan mobil biasa pada umumnya. Ban yang digunakan adalah ban khusus untuk medan off-road, serta ringan tipe all terrain dapat digunakan pada jalanan kering maupun basah.

KOMODO ini untuk yang manual Menggunakan mesin 2 langkah (two stroke) dengan kapasitas silinder 180 cc dan maximum momen puntir 1,19Kgm/3000 Rpm, sangat mudah perawatanya, murah operasionalnya dan tersedia suku cadangnya, dengan kapasitas mesin yang kecil, kami berikan performance yang maksimal.Untuk sistim transmisi 1 kecepatan mundur dan 3 kecepatan maju, dengan sistim plat kopling kering.

Sistim penggerak meliputi dua roda belakang yang di kunci pada sebuah poros roda (axle) dan ditransmisikan oleh rantai / sprocket. Menggunakan sistim rem cakram 2 buah untuk roda depan dan 1 buah untuk roda belakang, guna mendapatkan system pengereman yang optimum dan daya cengkeram ban di tanah yang stabil pada kondisi kering atau basah.

Cara perawatan dibuat sangat senderhana sehingga dapat dilakukan pada daerah perkampungan atau perkebunan, karena pada umumnya bengkel motor yang ada di daerah setempat sudah bisa melakukan perawatan jika diperlukan. Bahkan untuk spare part mudah didapatkan pada toko-toko spare part di Indonesia, karena dirancang dengan menggunakan spare part yang ada di pasaran Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar